RSS

Private Military Company (PMC)…!! What’s That…??

06 Jan

Artemis Global Security

Private Military Company…!!

apa itu..?? mungkin dari namanya bisa kita terjemahkan sebagai “Perusahaan Milter Swasta”. Namun sebenarnya persuhaan seperti apakah itu..?? sebelum saya bahas lebih lanjut, mungkin saya ceritakan dahulu latar belakang mengapa saya mengambil tema ini untuk postingan kali ini.

Hal ini bermula ketika saya sedang bermain sebuah game pesawat tempur di PC berjudul Tom Clancy’s H.A.W.X., pada game ini sang karakter yang merupakan seorang pilot yang bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Artemis Global Security. Perusahaan ini bergerak dalam bidang militer, yaitu menjalakan berbagai tugas kemiliteran berdasarkan kontrak yang ada dengan pihak tertentu.

Sebetulnya ini bukanlah hal baru, pada film Iron Man, terdapat Stark Industries, pada film G.I. Joe terdapat MARS Industries, dan masih banyak lagi.

Apakah itu hanya hayalan saja..>??

Tentu tidak.. semua itu didasarkan pada kenyataan yang ada. Negara” maju di dunia banyak bekerjasama dengan perusahaan ini (PMC), walaupun mereka sendiri telah memiliki kekuatan militer yang kuat. Jadi apa sebenarnya PMC dan apa yang dilakukan perusahaan ini.

PMC adalah perusahaan atau korporasi yang menyediakan jasa dan keahlian yang berhubungan dengan bidang militer atau bidang sejenisnya. Perusahaan seperti ini juga dikenal sebagai korporasi militer swasta, firma militer swasta, penyedia jasa militer, dan secara luas sebagai industri militer swasta. PMC dapat mengasilkan produk dan Jasa. Untuk produk pada umumnya akan mengahasilkan peralatan perang, kendaraan, senjata, sistem pertahanaan atau alat” komunukasi. Untuk jasa pada umumnya  yang ditawarkan perusahaan militer swasta antara lain adalah jasa logistik, pelatihan militer, pertahanan, serta jasa keamanan.

Mengapa PMC merupakan bisnis yang sanagat maju..??

Padahal PMC ini biasanya lahir pada negara” maju yang notabene sudah memiliki kekuatan militer yang kuat. Hal ini terjadi karena PMC banyak memiliki client yang berasal dari pihak” pribadi juga, walaupun pihak suatu negara juga sering melibatkan PMC dalam kegiatan militer mereka. Selain itu produk dan jasa yang dihasilkan dari PMC ini sangat memuaskan.

Namun sesuatu yang perlu diwaspadai dari berkembanganya PMC ini adalah, akan semakin banyaknya gerakan” pemberontakan dan memicu terjadinya peperangan antar negara. Negara” yang tidak memiliki kekuatan militer cukup, namun memiliki cukup dana dapat menggunakan jasa dari PMC ini untuk menyelenggarakan kegiatan militer mereka.

nah.. jadi sudah cukup terbayangkan apa itu PMC atau perusahaan militer swasta atau sering juga disebut kontraktor militer.

Nah dibawah ini ada sebagian dari perusahaan  PMC yang berada di dunia.

  • Blackwater USA
  • Braddock Dunn & McDonald (BDM)
  • C3 Defense, Inc.
  • CACI – California Analysis Center, Incorporated
  • Critical Intervention Services
  • Berodt Dynamics
  • Defion Internacional
  • DynCorp
  • Raytheon
  • SCG International Risk
  • SkyLink USA
  • SOS Temps, Inc
  • Spartan Consulting Group
  • Tactical Response Services
  • Titan Corporation
  • Top Cat Marine Security
  • Triple Canopy, Inc.
  • Vinnell Corporation
  • VIP Investigations & Protective Services Inc.
  • EUBSA BV Inc. STOP units – Sp
  • Aegis Defence Services
  • AKE Group
  • Armor Group
  • Branch Energy
  • Corporate Warriors
  • Defence Services
  • Erinys International

Tertarik dengan PMC..?? Ingin membuat kontrak dengan PMC.. ?? atau.. Ingin bekerja untuk PMC..?? atau justru ingin mendirikan sebuah perusahaan PMC (untuk mendukung angkatan bersenjata Indonesia)..?? itu semua kembali kepada pilihan anda.

-Thx Mbanx-

 
7 Comments

Posted by on January 6, 2010 in My Own Idea

 

Tags: , , , , , , , , ,

7 responses to “Private Military Company (PMC)…!! What’s That…??

  1. Langit

    July 15, 2011 at 3:36 pm

    Artemis Global Security ternyata sampai ada fanspagenya di facebook.
    https://www.facebook.com/pages/Artemis-Global-Security/147674508643171?sk=info

     
  2. Zack

    August 10, 2010 at 5:54 am

    hey, sy baru2 ini sudah membaca seputar PMC dari sebuah majalah terbitan indonesia terbitan Angkasa, wah, disitu bnyk banget yg sy blm tw, tp stlh membacanya sy jd tahu bnyk sepak terjang pmc, majalahnya bgus skali dan bnyk kisah seru di dalamnya.. rencanannya sy akn membuat blog pribadi yg memuat artikel ttg pmc, dsb. . mohon doa restu

     
    • Lambang Adi (Mbanx)

      August 10, 2010 at 7:56 am

      wah… keren tuh mas Zack…
      nanti kalo udah jadi kasih tau yah.. blogya..!!!

       
  3. aditpnyu

    January 10, 2010 at 5:35 pm

    PINDAD bandung termasuk PMC g sih ?

     
    • mbanxlambang

      January 11, 2010 at 1:20 pm

      sebetulnya kalo dilihat dari strukturnya bisa juga di bilang PMC.. cuman karena PT dan saham sebagian besar milik pemerintah… yah… Fungsi sebagai PMC sesungguhnya hilang. Mungkin lebih cocok dibilang kontraktor militer pemerintah yang menyediakan persenjataan

       
  4. alisnaik

    January 10, 2010 at 5:31 am

    selamat pagi

    kayak pernah denger juga nama pabrik senjata di Indonesia, apa yaa ?? saya lupa nih.

    terima kasih dan mohon maaf😮

     
  5. Annette

    January 7, 2010 at 6:02 am

    Good points, I think I will definitely subscribe!🙂. I’ll go and read some more!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: