RSS

The Journey Of Kerja Praktek – Episode (Prolog)

31 May

Halow…. Pengunjung mbanxlambang.wordpress.com…!!! Sudah sangat lama saya tidak membuat postingan untuk blog ini. Rasa rindu untuk membuat postingan-postingan selalu datang pada saya, namun apa daya, rasa malas selalu menghantuin🙂.

Namun sekarang saatnya saya menunangkan hasrat saya dalam membuat postingan.

Postingan saya yang sekarang sedikit berbeda dibandingkan dengan postingan-postingan saya yang terdahulu. Postingan yang kali ini merupakan sebuah cerita bersambung dari pengalaman-pengalaman saya dalam menjalani kerja praktek. Sebagai informasi saja, sekarang saya adalah seorang mahasiswa teknik informatika di sebuah universitas swasta di daerah Dipatiukur yang kalo dilihat-lihat gedungnya kaya hotel atau kaya bank😀. Kebetulan juga saya mendapat tempat kerja praktek, masih di daerah-daerah situ juga, tepatnya sebuah perusahaan IT di Jalan Raden Patah. Okeh kita mulai saja ceritanya.

*********************************************************************************

EPISODE – Prolog

Tahun ini merupakan tahun dimana mahasiswa di kampus saya khususnya angkata 2007 akan melaksanakan kerja praktek. Kerja praktek merupakan sebuah tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa agar dapat lulus dari kampus tersebut. Saya pun sedang menghadapi hal yang sama. Karena jurusan yang saya ambil adalah teknik informatika, maka saya berpikiran untuk bekerja di sebuah perusahaan software atau perusahaan IT.

Singkat cerita, bersama  3 orang teman yang lain saya telah diterima di sebuah perusahaan IT yang berada di Jalan Raden Patah. Dari pandangan pertama terhadap kantor tersebut…, membuat saya cukup terkejut, karena sebagai sebuah perusahaan software, kantornya cukup besar.

Hari-hari berikutnya saya telah bertemu dengan salah seorang yang bertanggung jawab di perusahaan tersebut. pekerjaan yang diberikan kepada kami sangat beragam dan setelah beberapa hari kami berpikir.. kami pun telah menentukan pekerjaan yang akan diambil.

Untuk kelompok saya sendiri saya diberikan pekerjaan untuk membuat sebuah aplikasi web dengan menggunakan bahasa ASP.NET. (Hah.. apa itu..?? dikampus saya aja ga pernah sekalipun diajarin mengenai web programming) tapi yah apa mau dikata.. saya tetap mengambil pekerjaan tersebut. Namun tidak hanya sebatas pada ASP.Net saja. Pengerjaan proyek tersebut harus menggunakan framework (Apa itu..???) MVC untuk ASP.Net tersebut.

Untungnya kami memiliki waktu yang cukup banyak untuk mempelajari semua itu. Eits…!! dengan catatan kami sudah libur.. tapi apa kenyataaanya.. yang ada kami harus berkutat dengan berbagai tugas-tugas kecil, tugas-tugas besar dan UAS. Wah…. mana sempat mempelajari hal-hal yang dibutuhkan untuk KP. Walhasil efektif cuman punya waktu satu minggu untuk semua itu.

Sebetulnya saya tidak sebodoh itu untuk hanya menggunakan waktu seminggu untuk mengerti itu semua. Sedikit-sedikit dalam masa” UAS disempet-sempetin belajar ASP.net. Sebetulnya walaupun ini merupakan bahasa yang baru, tapi saya seneng kok dapat tugas kaya gini, yah karena saya bakal dapat kesempatan belajar lebih terutama mengenai web yang selama ini ga pernah di ajarin di kampus.

Okeh lanjut lagi, singkat waktu sekarng sudah dalam masa seminggu sebelum KP dimulai. Belajar makin intensif tentunya. Namun disinilah awal saya mendapat sebuah pukulan besar yang bikin saya mengalami setress yang lumayan. Berhubung pekerjaanya menggunakan ASP.Net + MVC Framework, mulailah saya belajar mengenai MVC tersebut. Dan apa akibatnya….??

90 % dengan sukses saya ga ngerti…!!! Semua ilmu ASP.Net yang selama ini saya telah pelajari terasa ga guna. Code-codenya ga ada yang jalan. Kemana ilmu ASP.Net saya selama ini..?? Sumpah deh setress abis, pesimis, ga pede jadi satu semua. Status” FB, YM semua saya tulisin tentang kesedihan semua. Sebetulnya banyak seh yang bilang supaya tenang aja… Tapi kan.. saya yang tau susahnya kaya apa.!!! sumpah deh pas keadaan ini males banget mau ngapa”in.

Tapi sekarang udah ga setress lagi, tegang seh masih ada. Hal ini karena ada seseorang yang bisa ngasih saya masukan. Dia seorang mahasiswi jurusan psikologi di sebuah universitas terkenal di daerah Cimahi. Yah singkatnya setelah lari pagi di hari Minggu, saya dengan sukses diberikan ceramah” dewa dari dia dengan seluruh terminologi” yang tidak saya mengerti (hihi maap yah). Tapi yah… ternyata emang berhasil, walaupun codingan”nya tetep error, saya seh jadi lebih tenang. Kalimat dia yang paling saya sukai adalah (ada editan penulis) : “JANGAN SAMPAI TERDAPAT PENYESALAN KARENA TIDAK BELAJAR DENGAN SUNGGUH2 KALAUPUN TETEP GA BISA.. BERARTI EMANG SEGITU KEMAMPUANNYA YANG PENTING UDAH BELAJAR SUNGGUH2 “.

Yah itulah kira” beberpa pengalaman awal, yang m  mungkin bisa dijadikan Prolog untuk kisah KP saya nanti. Terimakasih untuk semua orang yang telah mensupport saya selama ini. khusus untuk nona/neng/mbak yang telah ngasih ceramah dewa kepada saya, THX A LOT, saranmu sangat berguna.

Note : Ikuti terus cerita bersambung ini… Oh ya… Commentnya jangan lupa…!!!!!

 
 

Tags: , ,

7 responses to “The Journey Of Kerja Praktek – Episode (Prolog)

  1. stahnaileron

    October 23, 2015 at 9:15 am

    Gila, benar-benar pengalaman yang sangat mendebarkan sekali

     
  2. Intan

    April 12, 2013 at 2:57 am

    artikelnya bgus gan, sangat bermanfaat sekali… mampir juga ya ke blog saya.. itung2 tuker ilmu, saya juga pernah mambuat artikel sekitaran ttg ASP.NET, ini gan link nya http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/nethosting/

     
  3. Agung

    March 8, 2011 at 5:55 am

    boleh minta alamat tuh kantor gan?
    pengen Kp tentang asp.net
    dapetnya yang php mulu

     
  4. Aulimen

    May 31, 2010 at 2:15 pm

    Good luck bang. Semoga sukses dengan kerjaannya!!! Kerjain bareng timnya biar terasa lebih mudah!!! Trus, klo bisa mah banyak nanya sama yang ngasih kerjaannya, klo boleh… lumayan ilmu , tips dan trick!!!

    Semoga berhasil bro!!!

     
  5. Fina

    May 31, 2010 at 10:07 am

    selamat berjuang bang… untungnya gw ga jadi pke c#… back to java… klo ga bisa gila kyaknya… HIDUP KP… T-T

     

Leave a Reply

 
